Senin, 31 Mei 2010

Kayu Rengas

,



Kayu Rengas.

Nama lain kayu Rengas: Belawa,Pui-Pui,Ampalang.


Bernama saintifik Gluta Renghas, kayu rengas juga disebut dengan nama Chat-si atau kayu hantu oleh orang-orang China. Pohon kayu Rengas mudah dikenali melalui kulit pada batangnya yang pecah. Tetapi, bahagian besarnya yang terbuka berada diatas dan tidak seperti kulit kayu lainnya yang rekahan kulitnya rapat dibahagian atas dan bukaan besarnya berada dibahagian bawah.Keratan rentas batangnya juga menunjukkan adanya tanda lingkaran hitam yang biasanya terjadi karena getah kayu yang telah mengering.

Getah pohon ini amat berbisa (gatal) jika terkena kulit. Ada jenis getah pohon Rengas yang menyebabkan kulit yang terkena getahnya kelihatan kehitaman terbakar dan menyebabkan gatal yang amat menyakitkan.

Selain itu,ada juga jenis getah kayu Rengas yang memberi kesan bintik-bintik jernih yang berair, apabila terkena kulit. Apabila kita mandi menggunakan sabun mandi, ia akan menjadi seperti satu wabak, menjangkiti seluruh badan dan menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Apabila terkena bahagian wajah, wajah akan membengkak dan mata akan menjadi sepet. Kadang-kadang bagi mereka yang jenis darahnya sensitif, duduk bernaung dibawah pohonnya saja sudah akan merasa gatal-gatal diseluruh badannya. Akan tetapi ada juga mereka yang tahan dan tidak alergi sama sekali dengan getah kayu Rengas ini. Ada yang mengatakan bahwa golongan darah menjadi penentu alergi kayu Rengas ini. Dipercayai, orang-orang yang bergolongan darah O tidak akan alergi dengan getah kayu Rengas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar